Pemasaran Jagung di Desa Kalasey Dua Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa
Keywords:
Produktivitas, Saluran PemasaranAbstract
Masalah yang dihadapi petani secara umum adalah rendahnya produktivitas dan kualitas jagung yang disebabkan oleh rendahnya penerapan teknologi dan keterbatasan modal yang ada serta organisasi petani yang masih sangat lemah sehingga posisi tawar petani menjadi rendah terutama pada pemasaran hasil. Disamping itu masalah lainnya adalah terbatasnya alat dan mesin panen dan pasca panen, masih rendahnya pengetahuan petani tentang teknologi pertanian serta belum adanya jaminan harga ditingkat petani terutama jika terjadi penumpukan produksi yang menyebabkan harga jagung menjadi anjlok Agar petani jagung senantiasa termotivasi untuk meningkatkan produksinya, maka salah satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian adalah sistim pemasaran jagung, pada umumnya petani sebagai produsen, memproduksi jagung untuk dipasarkan. Hubungannya antara produsen dan komsumen melalui saluran pemasaran. Pemasaran jagung dari daerah produsen menuju pusat komsumsi (komsumen) memerlukan berbagai aktivitas jasa dan perlakuan. Hal ini dilaksanakan oleh lembaga pemasaran yang terlibat dalam saluran pemasaran jagung. Keberhasilan proses pemasaran ini pada akhirnya tertuju pada tercapainya efisiensi pemasaran yang dapat meningkatkan pendapatan petani.
References
AAK. 1993. Teknik Bercocok Tanam Jagung. Kanisius : Yagyakarta
Angipora, P. Marius, 1999, Dasar-Dasar Pemasaran, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Assauri, Sofjan, 1996, Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi, Penerbit CV. Rajawali Pers, Jakarta.
Boyd dan Walker, 1997, Manajemen Pemasaran, Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Bryant, Carlie., and White, Louis 1995, Manajemen Pembangunan Untuk Negara Berkembang, Penerbit LP3S, Jakarta.
Cravens, W. David, 1996, Pemasaran Strategis, Edisi Keempat, Jilid I dan II, Penerbit Erlangga, Jakarta.
David, W. Pemasaran Strategis, Edisi Keempat, Jilid I dan II, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Gultinan, Joseph P dan Gordon W. Paul, 1992, Strategi dan Program Manajemen Pemasaran, Penerbit Erlangga.
Husnan Suad. Dr, MBA.1995. Teory Pendapatan, Manajemen Keuangan dalam penerapan. Penerbit. BPFE Yogyakata
Jauch, R. Lawrence dan William F. Glueck, 1999, Manajemen Strategis Dan Kebijakan Perusahaan, Penerbit Erlangga,Jakarta.
Kartadjoemena. 1997 H.S, GATT WTO dan Hasil Uruguay Round, Penerbit Universitas Indonesia
Kasali, Rhenald, 2000, Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Targeting, Positioning, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Keegan, J. Warren, 1997, Manajemen Pemasaran Global, Jilid I dan II, Penerbit Prenhallindo, Jakarta. Kotler, Philip dan A.B. Susanto, 1999, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Marchel E.B Wenas, Mareyke Moningka
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.