Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus pada Minat Beli Konsumen di Mall Wamena Papua
Keywords:
Harga dan Kualitas Produk, Minat beli, Konsumen, Mall Wamena PapuaAbstract
Komponen dari Pendapatan Nasional jika dilihat dari sisi pengeluaran dipengaruhi oleh Konsumsi, Investasi, Pengeluaran Pemerintah , dan Ekspor dan Impor atau Ekspor Netto dan Konsumsi yang dimaksud adalan konsumsi keluarga atau masyarakat yang tergolong dengan pengeluaran Konsumsi dari rumah tangga Keluarga, sedangkan investasi adalah pengeluaran dari Perusahaan dan juga ada pengeuaran pemerintah dan eksport netto atau ekspor bersih menjadi faktor faktor penentu pendapatan nasional dilihat dari sisi pengeluaran. Investasi dari sektor swasta penting bagi peningkatan pendapatan Nasional termasuk dengan efek multiplayer atau effect Multiplier dari Investasi tersebut. Investasi dengan membangun pusat pusat belanja atau pasar modern yang di kenal dengan Mall masih dianggap memiliki prospek yang baik walau di tengah ancaman dari pasar online maupun pasar tradisional juga dengan tekanan perkembangan minimarket seperti indo maret, alfa mart dan bisnis ritel yang menjamur di Indonesia. Di penghujung tekanan Covid 19 yang mulai mereda APPBI atau Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia melalui ketuanya menyatakan sejumlah pusat belanja akan segera dibangun di beberapa daerah dengan dana mencapai Rp 8,25 Trilyun seiring dengan peningkatan konsumsi masyarakat di tahun 2022. Wall Wamena adalah pusat belanja yang terletak di kota Wamena tepatnya di di Jalan Trikora dan berdiri sebagai satu satunya pusat belanja modern di kota ini, Akses transportasi dari kota jayapura dan Kota Timika adalah transportasi udara atau pesawat terbang yang menyebabkan harga harga di mall Wamena mengalami peningkatan karena di pengaruhi oleh biaya distribusi atau transportasi yang mahal. Selain harga yang mahal permasalahan lain adalah minat beli masyarakat juga kelihatan kurang, karena tergambar dengan jumlah pengunjung yang kurang, pada hal kota Wamena memiliki jumlah penduduk 41 ribu jiwa . tujuan dari penelitian ini adalah Ingin mengetahui berapa besar pengaruh variabel harga dan kualitas barang terhadap minat beli masyarakat di Mall Wamena papua baik secara parsial maupun secara simultan atau bersama sama. Penelitian ini variabel bebas atau Independent Variabel terdiri dari 2 Variabel yaitu X1 adalah Harga dan X2 adalah Kualitas Produk sedangkan Variabel terikat atau dependent Variabel yaitu Minat Beli. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yaitu penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya yang berupa wawancara, jajak pendapat dari individu atau kelompok (orang) maupun hasil observasi dari suatu obyek, kejadian atau hasil pengujian (benda). Dengan kata lain, peneliti membutuhkan pengumpulan data dengan cara menjawab pertanyaan riset (metode survei) atau penelitian benda (metode observasi). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada obyek penelitian dan diisi secara langsung oleh responden. Hasil yang didapatkan adalah variabel harga dan kualitas barang berkontribusi terhadap minat beli Masyarakat Papua di Mall Wamena Papua.
Besar hubungan antar variabel harga dan kualitas barang dengan minat beli baik secara parsial maupun simultan menunjukan hubungan yang rendah. Pengaruh variabel harga dan kualitas barang secara Parsial maupun simultan menunjukan pengaruh yang rendah. Walau hubungan dan pengaruh yang rendah namun dalam pengujian hipotesis menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan bahwa Variabel Harga dan kualitas barang berpengaruh terhadap Minat beli.
References
P. L. Hanjani, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy,” Performa, vol. 1, no. 2, pp. 162–170, 2016.
S. D. Basu and Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, 2nd ed. Yogyakarta: Liberty, 1986.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jourie Pangemanan, Fandy Latuni, Rendius Wakur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.