ANALISIS BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PEPAYA CALIFORNIA (CARICA PAPAYA L.) DI FRESHMART PANIKI MANADO

Authors

  • Merry Ratar Universitas Nusantara Manado
  • Evawani Tomayahu Universitas Nusantara Manado
  • Stevan Patris Wewengkang Universitas Nusantara Manado

Keywords:

Kata kunci: Bauran Promosi, Keputusan Konsumen

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar Periklanan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado, Promosi Penjualan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado, Publisitas berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado, Penjualan Personal berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado, Penjualan Langsung berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado, Bauran Promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanatori. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Periklan (X1), Promosi Penjualan (X2), Publisitas (X3), Penjualan Personal (X4), Penjualan Langsung (X5), sedangkan variabel terikatnya yaitu Keputusan Konsumen. Dalam penelitian ini populasi adalah para konsumen di FreshMart Paniki Manado. Pengambilan sampel dengan metode accidential sampling sebesar 60 orang. Data primer diperoleh dengan memberikan pertanyaan (questionnaire) dan melakukan wawancara (interview), sedangkan data sekunder diperoleh melalui kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan melalui analisis regresi linier berganda, perhitungan koefisien kolerasi (r), koefisien determinasi, uji signifikansi simultan (uji f), dan uji hipotesis parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif Variabel Periklanan (X1) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Promosi Penjualan (X2) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Publisitas (X3) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Penjualan Personal (X4) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Pemasaran Langsung (X4) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y).

 

References

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Al Badi, K.S. (2015). The Dimensions of Marketing Mix. Management and Organizational Studies, 2(1), 136- 142

Ariyanti, Y. 2017. Pengaruh pelapis buah sugar ester blend dan suhu simpan sebagai upaya perlindungan buah pepaya ‘California’ terhadap Jamur Colletrotrichum gloeosporioides (Penz.) Sacc. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Benyamin, A.P. (2019). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy) di Pasarkita Pamulang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 1-9

Brkanlic, S., et.al. (2020). Marketing Mix Instruments as Factors of Improvement of Students’ Satisfaction in Higher Education Institutions in Republic of Serbia and Spain. Sustainability, 1(1),2-16

Duncan, Tom. 2008. Principles of Advertising & IMC, 2 nd. Edition. New. York: McGraw Hill.

Erica, D. 2012. Pengaruh CaCl2 terhadap Warna dan Cita Rasa Buah Pepaya Kupas Menggunakan Edible Coating Pada Penyimpanan Suhu Kamar. Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian (TPPHP) Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Padang.

Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.

Freddy Rangkuti. 2007. Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang Bisnis. Edisi. 2 Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992), Research Methods for Business and. Management, MacMillan Publishing Company, New York.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Ghurgen, Schiffman, 2002. Professional of Taking Decision. Prentice Hall, Ohio University Press.

Hermawan, Agus. (2013). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alafabeta

Isoraite, Margarita. (2016). Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal of ResearchGranthaalayah, 4(6), 25-37

Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Kotler, P.T., Keller, K.L., Brady, M., Goodman, M., Hansen, T. (2019). Marketing Management. Singapore: Pearson Education.

Kotler, P., Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. New Delhi: Pearson.

Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Purba, A.P. 2008. Analisis Pendapatan Usahatani dan Saluran Pemasaran Pepaya California (Kasus: Desa Cimande dan Desa Lemahduhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Skripsi. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Prihatiningtyas, R., A.S. Setiawan., dan N.H. Wijaya. 2015. Analisis peningkatan kualitas pada rantai pasok buah pepaya calina. Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol VI, No 3.

Pruskus, V. (2015). Politinė rinkodara komunikacijos kontekste: samprata. Funkcijos Ir Priemonės, 23(2), 149-158

Pour, B.S., Nazari, K., Emami, M. (2013). The Effects of Marketing Mix in Attracting Customer: Case Study of Saderat Bank in Khermanshah Province. African Journal of Business Management, 7(34), 3272-3280

Ramadani, M., R. Linda., dan Mukarlina. 2013. Penggunaan larutan lalsium klorida (CaCl2) dalam menunda pematangan buah pepaya (Carica papaya L.). Program Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Tanjungpura. Pontianak. Jurnal Protobiont Vol 2 (3): 161 – 166.

Rad, H.S., Akbari, Z. (2014). The Role of Brand and Advertising in Marketing Mix (A Review of Marketing Mix). Interdisciplinary journal of contemporary research in business, 6(7), 114-127

Setiaty, E.D. 2011. Produksi buah pepaya varietas callina (Carica papaya L.) Pada Kombinasi Pupuk Organik dan Anorganik di Tanah Ultisol*The Yield of Papaya Callina (Carica Papaya L.) On Ultisol Soil with Combination of Organic and Anorganic Fertilizer. Program Studi Agronomi Fakultas Pertanian UNSRI. Palembang.

Singarimbun, M. 2006. Metode penelitian Survei. Jakarta. LP3ES.

Stoner, James A.F dan Charles Wankel. 2013. Pengantar Manajemen edisi keempat jilid lima dialih bahasakan oleh Siswanto, Jakarta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Suketi, K. dan Sujiprihati. 2009. Budidaya pepaya unggul. Penebar swadaya. Jakarta.

Suhendri, A., Mukhlisin, A. (2018). Strategi Pengembangan Produk Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 190-199

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta

Thabit, T.H., Raewf.M.B. (2018). The Evaluation of Marketing Mix Elements: A Case Study. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(4),100-109

Umeze1, G.E., Ohen. S.B. (2015). Marketing Mix Strategies and Entrepreneurial Competence: Evidence from Micro Restaurants in Calabar Metropolis, Cross River State, Nigeria. International Conference in Agricultural Economist, Milano.

Downloads

Published

2024-01-23