ANALISIS DAMPAK LEISURE BENEFIT DAN EXPERIENCE MARKETING TERHADAP MILLENNIAL VISITOR SATISVACTION DI KAWASAN WISATA PULAU SARA KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD
Keywords:
Experience Marketing, Leisure Benefit, Millenial Visitor Satisvaction, Pulau Sara, WisataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar Leisure Benefit dan Experience Marketing secara bersama-sama berpengaruh terhadap Millenial visitor Satisvaction di Kawasan Wisata Pulau Sara Kabupaten Kepulauan Talaud. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanatori. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Leisure Benefit (X1), Experience Marketing (X2, sedangkan variabel terikatnya yaitu Millenial Visitor Satisvation. Dalam penelitian ini populasi adalah para pengunjung milenial di Kawasan Wisata Pulau Sara Kabupaten Kepulauan Talaud. Pengambilan sampel dengan metode accidential sampling sebesar 100 orang. Data primer diperoleh dengan memberikan pertanyaan (questionnaire) dan melakukan wawancara (interview), sedangkan data sekunder diperoleh melalui kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan melalui analisis regresi linier berganda, perhitungan koefisien kolerasi (r), koefisien determinasi, uji signifikansi simultan (uji f), dan uji hipotesis parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) leisure benefit berpengaruh signifikan terhadap milenial visitor satisvaction di Kawasan Wisata Pulau Sara Kabupaten Kepulauan Talaud, 2) experience marketing berpengaruh signifikan terhadap milenial visitor satisvaction, dan 3) leisure benefit dan experience marketing berpengaruh signifikan terhadap milenial visitor satisvaction di Kawasan Wisata Pulau Sara Kabupaten Kepulauan Talaud.
References
Alma, B. (2009) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Hermawan, K. (2010) ‘Connect! Surfing New Wave Marketing’. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kemenparekraf (2020) ‘Analisis Kegiatan Kepariwisataan di Era Pandemi COVID-19’. Diaspora.
Kotler, K. (2016) Marketing Management. Edited by Pearson. Prentice Hall Higher Education.
Lupiyoadi (2013) ‘Manajemen Pemasaran Jasa’, in. Jakarta: Salemba Empat.
Okta, D.R. (2017) ‘Pengaruh Leisure Benefit Terhadap Kepuasan Pengunjung (survey pada pengunjung Hawai Waterpark Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(3).
Purnawati, L. (2021) ‘Pembentukan Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) Dan Pengembangan Wisata Di Pantai Gemah’, Publiciana, 14(02), pp. 293–206. Available at: https://doi.org/10.36563/publiciana.v14i02.372.
Schmitt, B. (1999) ‘Experiential marketing’, Journal of marketing management, 15(1–3), pp. 53–67.
Setiawan, W.A. (2018) Pengaruh Leisure Benefit dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung (Survei pada Pengunjung Desa Wisata Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang). Universitas Brawijaya.
Tjiptono, F. (2016) Service, Quality, and Satisfaction. Jakarta: Penerbit Andi.
Wang, S., Tsai, C.-Y. and Chu, Y.-C. (2010) ‘Tourist behavior in Hakka cultural parks’, African Journal of Business Management, 4(14), p. 2952.
Yan, W. (2013) ‘Correlations of consumers, leisure motivation and leisure value with leisure benefits-A case study on Taiwan international orchid show’, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(3), p. 267.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Merry Ratar, Jourie Pangemanan, Vecky Renaldy Tumiwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.