PENGARUH PENERAPAN PEMASARAN HIJAU (GREEN MARKETING) TERHADAP MINAT BELANJA MASYARAKAT DI MINIMARKET ALFA MIDI MALALAYANG SATU KOTA MANADO

Authors

  • Fandy Latuni Universitas Nusantara Manado
  • Seska Gampu Universitas Nusantara Manado
  • Jourie Pangemanan Universitas Nusantara Manado
  • Megawati Panguleeng Universitas Nusantara Manado

Abstract

Peningkatan Keuntungan biasanya menjadi tujuan dari suatu perusahaan termasuk dengan perusahaan yang bergerak di sektor ritel,  termasuk dengan Minimarket Alfa Midi,  walau demikian sebagai mahluk hidup tentunya kita perlu  memikirkan lingkungan sekitar kita berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia . penelitian ini ingin mengetahu apakah Green Marketing berpengaruh terhadap  peningkatan Minat Belanja Masyarakat. Dengan  mengunakan alat analisis Reresi sederhana, korelasi, determinasi, dengan pengujian hipotesi mengunakan Uji Z, di dapat hasil penelitian  bahwa Pemasaran Hijau akan memberikan kontribusi untuk peningkatan variabel Minat Belanja sebesar 0, 655 , Keeratan hubungan antara Pemasaran Hijau dan minat belanja sebesar  r =0,525 yang artinya memiliki hubungan yang sedang atau cukup kuat, Besar pengaruh  pemasaran hijau  terhadap Minat belanja sebesar  0,275 masuk dalam kategori  pengaruh yang cukup berarti dan pengujian hipotesis menyatakan bahwa  Pemasaran Hijau mempunyai pengaruh terhadap minat belanja.

References

Arseculeratne, Dinuk and Rashad Yazdanifard. 2014. How Green marketing Can Create a Sustainable Competitive Advantage for a Business. International Business Research.

Grant, J. 2007. The Green Marketing Manifesto. John Wiley & Sons, Ltd., West Sussex, England. Journal of Business Ethics, Vol. 29.

Haryadi, S. (2015). Pengaruh Arah Aliran Air Pendingin Pada Proses Pirolisis Limbah Plastik . Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, 92.

Irandust, Mozhgan dan Naser Bamdad. 2014. The Role Of Customer’s Believability and Attitude In Green Purchase. Journal Of Bussiness and Management Review, Vol 3

Nuryosuwito. 2019. “Zeloit Alam Sebagai Katalis Pyrolisis Limbah Ban Bekas Menjadi Bahan Bakar Cair.” 2(1):15–21. [5].

Prakash, A. (2002). Green marketing, public policy and managerial strategies. Business Strategy and the Environment, 11, 285-297.

Polonsky dan Rosenberg. “Reevaluating Green Marketing: a strategic approach.” Business Horizons vol 44, no. 5 (2001).

Purwaninrum, Pramiati. 2016. “Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan.” Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology 8(2):141.

Sugiyono 2007 Statistika Untuk Penelitian.Alfabeta:Bandung

Surono UB dan Ismanto. 2016. “Pengolahan Sampah Jenis Plastik PP,PET dan PE menjadi Bahan Bakar Minyak dan Karakteristiknya.” 1(1):7–13. [4]

Wicaksono, Aji. 2017. “Pengolahan Sampah Plastik Jenis Pet(Polyethilene Perepthalathe) Menggunakan Metode Pirolisis Menjadi Bahan Bakar Alternatif.” Jurnal Teknik Mesin 5(1):9–15. [6]

Downloads

Published

2023-07-26

Issue

Section

Articles