PENGARUH ADVERTISING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARNESS BAGI KONSUMEN MINIMARKET ALFAMIDI (STUDI KASUS PADA ALFAMIDI KELURAHAN MAHAWU)
Keywords:
Periklanan, Kesadaran MerekAbstract
Abstrak
Liberalisasi ditandai dengan ditandatanganinya letter of intent dengan IMF yang memberikan peluang investasi kepada pihak asing untuk masuk dalam industri ritel. Sejak saat itu, peritel-peritel asing mulai berdatangan dan meramaikan industri ritel Indonesia. Peritel asing sangat aktif untuk melakukan investasi terutama dalam skala besar seperti hipermarket dan Department Store. Salah satu contohnya adalah Continent, Carrefour, Hero, Walmart, Yaohan, Lotus, Mark & Spencer, Sogo, Makro, Seven Eleven, dll. Hal ini ditunjukkan dengan ekspansi ritel modern sangat agresif hingga masuk ke wilayah pemukiman rakyat. Ritel tradisional yang berada di wilayah pedesaan maupun pemukiman rakyat pun terkena imbasnya dengan berhadapan langsung dengan ritel modern tersebut. Persaingan diantara keduanya pun tidak terhindari dan ini sangat menguntungkan konsumen dalam hal ini masyarakat . Alfamidi berusaha merangkul konsumen dengan jalan menjangkau lebih dekat konsumennya. Oleh sebab itu itu penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul “ Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awarness Konsumen Alfamidi” dengan hasil yang didapat bahwa Besar kontribusi variabel Advertising atau periklanan terhadap peningkatan Variabel Brand Awarness atau kesadaran merek dari konsumen Minimarket AlfaMidi di Kelurahan Mahawu kecamatan Tuminting. Adapun hasil yang di dapat adanya Kontribusi sebesar 0,490 dari Advertising terhadap Brand Awarne, dan besar, adanya Hubungan yang sangat antara variabel Advertising dengan peningkatan Variabel Brand Awarness dan Adanya Pengaruh yang sangat kuat variabel Advertising terhadap peningkatan Variabel Brand Awarness dari konsumen Minimarket AlfaMidi di Kelurahan Mahawu kecamatan .
References
Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Handayani, Desy., dkk. 2010. Brand Operation. Jakarta: ESENSI
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta. Cakra Ilmu
Philip Kotler dan Armstrong, 2002, Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fandy Yones Latuni, Jourie Pangemanan, Eltie Sandag, Vicky Mundiahi, Gerry Lontaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.