Pengaruh ketersediaan Prasarana dan Sarana Pariwisata terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Kunjungan Wisata di Manado (Studi Kasus Daerah Wisata Bunaken)

Authors

  • Merry Ratar
  • Martje Sangkoy
  • Mariske Budiman

Keywords:

Kunjungan Wisata, Bunaken, Sarana Prasarana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar ketersediaan prasarana pariwisata berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk melakukan kunjungan wisata di Manado khususnya di Daerah Wisata Bunaken. Untuk mengetahui berapa besar ketersediaan sarana pariwisata berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk melakukan kunjungan wisata di Manado khususnya di Daerah Wisata Bunaken. Untuk mengetahui berapa besar ketersediaan prasarana dan sarana pariwisata secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk melakukan kunjungan wisata di Manado khususnya di Daerah Wisata Bunaken. ALat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, korelasi sederhana, korelasi berganda, koefisien determinasi, uji z dan uji t. Hasil penelitian Ketersediaan prasarana berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk mengadakan kunjungan wisata di daerah Manado khususnya di daerah wisata Bunaken. Ketersediaan sarana berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk mengadakan kunjungan wisata di daerah Manado khususnya di daerah wisata Bunaken. Ketersediaan prasarana dan sarana secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk mengadakan kunjungan wisata di daerah Manado khususnya di daerah wisata Bunaken.

References

A J Burkart, S Medik, 1987, Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung

Assauri, 1990, Manajemen Pemasaran, Rajawali Persada, Jakarta

Guiltinan, Joseph P dan Gordon w. Paul, 1992, Strategi dan Program Manajemen Pemsaran, terjemahan, Edisi Kedua Erlangga, Jakarta

Mason. D.R. dan Lind A.D, 2000, Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Kesembilan, Penerbit Erlanggga, Jakarta

Nitisemito, Alex S, 1993, Manajemen Personalia, PT. Pustaka Utama Grafiti, Jakarta

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemesaran, Analisa Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Terjemahan Jilid 1, Edisi ke Sembilan, PT. Prenhallindo Jakarta

Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemesaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia

Kotler , Phillip, 1991, Marketing Management, 5th Ed, Prentice Hall

Oka A. Yoeti, 1994, Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa, Bandung

Salah Wahab, 1994, Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa, Bandung

Soetomo, 1994, Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa Bandung

Singarimbun, 1999, Metodologi Penelitian Survey, PT. Grasindo, Jakarta

Subagyo, 1999, Metodologi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono, 2004, Metodologi Penelitian Bisnis, CV. Alvabeta, Bandung

Warren J Keegan, 2003, Seri Manajemen Bisnis Global, Prestasi Pustaka, Jakarta

Downloads

Published

2021-11-02

Issue

Section

Articles